Review Buku Yang Terucap Yang Tertulis (Mas Wantik) - Intip Buku

Minggu, 11 Agustus 2019

Review Buku Yang Terucap Yang Tertulis (Mas Wantik)

Istiqamah belajar. Pesan itu terpancar kuat dari performa penulis. Pesan yang ia kisahkan, juga pesan yang ia teladankan. Bahwa tidak ada kata berhenti dalam belajar. Penulis akrab disapa dengan panggilan, Mas Wantik. Bernama asli Suwantik, ia lahir di Sukoharjo pada 26 April 1972, sebagai putra ketiga pasangan (Alm) Yoso Sumarto dan Hj. Manis.
Mas Wantik adalah pebisnis furniture, lighting, dan craft kelas ekspor. Kecakapannya dalam berbisnis membawanya terbang ke berbagai negara dan memberi kesempatan baginya untuk berburu hikmah dari berbagai penjuru dunia. Dalam menjalankan bisnis, pria penggila dan penggiat sedekah ini mengaku banyak belajar dari dua tokoh yang dikaguminya, Dahlan Iskan dan Ustad Yusuf Mansur.
Bisnis yang identik dengan uang, ia kemas dengan balutan religi yang harmonis. Tak heran bila di kantornya, tadarus Al-Quran dan Sholat Dhuha menjadi menu pembuka sebelum memulai aktivitas kerja, setiap harinya.
Di luar kerja, pria murah senyum yang menyukai olahraga dan membaca tersebut banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan sosial di kampungnya. Bersama istrinya, Hj. Ninik, Mas Wantik tengah merintis sebuah pesantren dan PAUD, tak jauh dari rumahnya.
Penulis tengah berikhtiar keras untuk menjadi anak yang saleh dan memiliki anak-anak yang salihah. Bapak yang dibanggakan ketiga putrinya, yakni Wening Nur Faizi, Fathimah Azzahra, dan Duratu Annasiha.




Judul: Yang Terucap Yang Tertulis
Penulis: Mas Wantik
Penerbit: Pandiva Buku
ISBN: 9786027374805
Editor: Arif Giyanto
Perancang isi: d'Woch (IG: @dwochdwoch)
Desain cover: AndDan Creative
Tahun terbit: Januari 2016




Isi Buku

Yang Terucap Yang Tertulis berisi tentang pelajaran-pelajaran hidup Mas Wantik yang bisa dipetik dari setiap kejadian yang dialaminya. Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa postingan yang telah diunggah di website Mas Wantik. E-book nya bisa langsung diunduh dari http://maswantik.com/




Kelebihan

Hati-hati bagi sobat yang membaca buku ini. Di dalamnya terlalu banyak nilai moral! Hampir semua kalimatnya penting untuk dibaca dan dimaknai. Ditambah lagi, gaya Mas Wantik dalam bercerita di buku ini ga ngebosenin. Bahasanya lugas, sederhana, singkat, padat, dan jelas. Mudah dimengerti deh pokoknya.

Membaca buku ini pun jadi bikin saya terinspirasi untuk membuat tulisan-tulisan bermanfaat, seperti yang ditulis Mas Wantik di buku maupun website-nya. Alangkah senangnya jika kita bisa membuat tulisan yang bisa dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang. Tak terbayang berapa banyak pahala jariyah yang akan mengalir ke dalam tabungan pahala kita. UwU

Kisah Wening yang semangat dalam menempuh jalannya menjadi seorang hafizah pun juga menginspirasi saya. Saya yang membacanya jadi malu. Malu karena sampai sekarang masih belum memiki niat yang kuat seperti yang dimiliki putri sulung Mas Wantik ini. Tapi sekarang, melalui tulisan yang sudah dibuatnya, hati saya mulai tergerak untuk ikut menghafal Al-Quran. Terima kasih Wening..




Kekurangan

Sebenarnya buku ini hampir ga ada kekurangannya sih. Hanya saja, ada beberapa bagian yang jelas terlihat bahwa tulisan tersebut diambil dari website nya penulis. Karena Yang Terucap Yang Tertulis sudah berbentuk buku, menurut saya alangkah baiknya jika tulisan-tulisan tersebut direvisi/diperbarui sedikit, agar lebih nyaman dibaca dalam bentuk buku.

Selain itu, menjelang akhir buku ini, saya juga sempat dibuat bingung. Di sana dijelaskan bahwa penulis akan membagikan cerita temannya yang menginspirasi beliau. Sempat terkecoh, saya kira penulis sendirilah yang menceritakan kisah temannya tersebut. Namun ternyata, cerita tersebut murni ditulis oleh si sumber cerita itu sendiri. Mungkin bisa dibilang, terjadi perubahan sudut pandang cerita, yang dalam hal ini perubahan narator.

Meski masih memiliki kekurangan, setidaknya kekurangan-kekurangan yang ada dalam buku ini telah tertutupi oleh tingginya bobot isi cerita yang sangat bermanfaat untuk hidup ini 😃




Cocok dibaca sama?

Buku ini cocok untuk dibaca oleh sobat yang ingin asupan motivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik.




Stars














Tidak ada komentar:

Posting Komentar